10 Ramuan Homemade untuk Mengecilkan Pori-pori

Pada saat terlahir ke dunia, hampir semua manusia terlahir dengan kulit mulus. Sayangnya, seiring dengan berjalannya waktu, polusi dan bahan kimia merusak kulit wajah, seperti kusam,  jerawat, bekas jerawat, bekas luka, bercak hitam dan pori-pori besar.

Pori-pori yang terbuka dapat menimbulkan masalah terhadap wajah, seperti komedo dan jerawat. Berikut ini 10 ramuan homemade dari Girls Cosmo yang dapat membantu mengatasi pori-pori besar sekaligus mencerahkan wajah.

CHICKPEAS & KUNYIT

Chickpeas dan kunyit sangat bagus untuk kulit. Kunyit sebagai anti mikroba dan chickpeas untuk membersihkan serta mengangkat sel kulit mati. Keduanya sangat baik untuk kulit berpori-pori besar.

Komposisi: 1 sdm Chickpeas, ½ sdt bubuk kunyit, 1 sdm curd, 1 tetes minyak zaitun.

Cara Pakai: Campur ke-4 bahan tersebut dan simpan di kulkas selama 20 menit. Oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan. Diamkan selama 20 menit. Bilas hingga bersih. Usapkan es batu pada wajah, keringkan, lalu oleskan pelembab.

Sumber: AnatomyFitnessEV & MedicalNewsToday

MADU & AIR LEMON

Madu efektif untuk melembabkan kulit dan memiliki zat yang mengandung anti mikrobakterial. Lemon mengandung zat untuk mengecilkan ukuran pori-pori.

Komposisi: campurkan 1sdm madu, ½ sdm air lemon, sedikit gula.

Cara pemakaian: oleskan pada wajah menggunakan jari dengan gerakan memutar. Diamkan selama 5-10 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Sumber: LemonMasterCleanse

JUS TOMAT

Tomat merupakan makanan yang sangat bergizi. Selain mengandung vitamin A & C, juga mengandung antioksidan dan astringent.

Komposisi: 1 ½ sdm jus tomat, ½ sdm bubuk rumput laut, aduk rata dengan blender.

Cara Pakai: Oleskan pada wajah, diamkan hingga kering selama 20 menit, lalu bilas dengan air.

Sumber: Jobs.aol

TEH HIJAU

Teh hijau merupakan sumber yang baik untuk antioksidan. Mengandung tannin yang berfungsi untuk membuang racun dan mengangkat kotoran dari kulit.

Komposisi: 1 sdm bubuk teh hijau campurkan dengan 3 sdm air. Diamkan beberapa menit. Siapkan 2 butir telur, campur dengan 2 sdt tepung gandum. Campurkan kedua adonan ini.

Cara Pakai: oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan.

Sumber: BeAwareOfDrugs

CURD & TEPUNG GRAM

Curd membantu mengecilkan pori-pori.

Komposisi:campurkan  2 sdm curd & 1 sdm tepung gram.

Cara Pakai: oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan, diamkan selama 20 menit. Lalu bilas dengan air dingin. Ulangi, 2x/minggu.

CUKA APEL

Cuka apel merupakan bahan alami untuk toner dan astringent. Campurkan cuka apel dengan air. Ambil kapas, celupkan dan oleskan ringan pada wajah. Diamkan selama 20 menit. Bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori dan menjaga keseimbangan ph.

BAKING SODA

Baking soda bermanfaat sebagai tonic untuk membuang racun dan minyak, juga untuk mengecilkan pori-pori.

Cara Pakai: campurkan baking soda dan air, hingga membentuk pasta. Lalu oleskan pada wajah, diamkan beberapa menit, kemudian bilas.

YOGURT

Yogurt membantu mengecilkan pori-pori. Kaya akan asam laktat yang bermanfaat untuk mengangkat kotoran dan sel mati dari wajah. Anda dapat langsung mengoleskan yogurt pada wajah, diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air.

Sumber: Ayysa

PEPAYA

Pepaya mengandung enzim yang bermanfaat untuk mengangkat kotoran dari wajah dan mengecilkan pori-pori. Selain itu, pepaya juga menutrisi dan mengencangkan kulit.

Komposisi: 1 potong pepaya, hancurkan di dalam sebuah mangkok.

Cara Pakai: oleskan pepaya yang sudah dihancurkan pada wajah, diamkan selama 20 – 30 menit, lalu bilas.

Sumber: ServingJoy

MULTANI MITTI DAN AIR MAWAR

Multani Mitti/Fuller’s Earth – berbentuk clay – efektif untuk mengecilkan pori-pori. Ramuan ini cocok untuk jenis kulit kombinasi dan berminyak. Bagi pemilik kulit kering, tidak disarankan menggunakan ramuan ini terlalu sering, karena ramuan ini menyerap minyak.

Komposisi: multani mitti dan air mawar, campurkan hingga membentuk pasta kental

Cara Pakai: oleskan pada wajah, diamkan selama 10 – 15 menit, lalu bilas.

Sumber:GirlsCosmo

Sepatu_Wanita-v1a

Leave a comment